Total Tayangan Halaman

Rabu, 24 November 2010

Materi Kegiatan Prakerin


BAB  IV
Materi Kegiatan Prakerin
Hari Tanggal                 :  September 2010
Jenis/tipe Produk          :  Grand Livina 1.5 XV
Nama Pekerjaan           :  Mengganti Komponen-komponen Pada Kopling
Gangguan/masalah     :  Kopling Slip
Tujuan Pekerjaan          :  Agar Kopling Tidak Slip dan Kopling Kembali Baik
Alat Yang Digunakan                                                           Bahan
  1. Dongkrak                                                                        1. Clutch Disk
  2. Obeng (+) dan (-)                                                            2. Pressure Plate
  3. Tang Serbaguna                                                             3. Release Bearing
  4. Kunci Shock 12, 14, 16, 19, 21, 30
  5. Kunci Pasring 8, 10
  6. Stang Shock, Sambungan Pendek & Panjang
  7. Center Clutch
  8. Impect
  9. Kunci Moment
  10. Vernier Caliper & Feeler Gauge







     LANGKAH KERJA  
4.1     MELEPAS TRANSMISI
Untuk Kendaraan Mesin Didepan Penggerak Roda Depan (Front Engine Front Drive)
a)      Lepas terminal kabel negatif.
b)      Kuras oli roda gigi trans axle.
c)      Lepas kabel tegangan tinggi dari distributor.
Gambar 3.1 Melepas Kabel Tegangan Tinggi
d)      Lepas kabel speedometer.
e)      Lepaskan soket switch lampu mundur.
Gambar 3.2 Melepas Kabel Speedo Meter & Soket Lampu Mundur

f)        Lepas kabel kontrol transmisi.
(1)         Lepaskan klip dan cincin.
(2)         Lepaskan penahan dari kabel.
    
                                 Gambar 3.3 Melepas Kabel Kontrol Transmisi
g)      Lepas silinder pembebas kopling (clutch release cylinder).
(1)         Lepas baut pengikat silinder pembebas.
(2)         Lepas klip dari bracket pipa kopling.
(3)         Lepas bracket dari trans axle.
Gambar 3.4 Melepas Silinder Pembebas Kopling                

                               
              
h)      Lepas tutup bawah.
Gambar 3.5 Melepas Tutup Bawah
i)        Lepas poros penggerak kiri dan kanan.
(1)         Lepas ball joint dari lengan suspensi bawah.
(2)         Menggunakan SST, tarik poros penggerak keluar dari trans axle. (SST : 09520-10020)
Gambar 3.6 Melepas Poros Penggerak Kanan dan Kiri





j)        Lepas dudukan mesin belakang.
      Lepas baut dudukan mesin belakang.
Gambar3.7 Melepas Dudukan Mesin Belakang
k)      Lepas motor starter.
(1)         Lepaskan kabel dan soketnya.
(2)         Lepaskan motor starter dengan melepas dua bautnya.

Gambar3.8 Melepas Motor Stater




l)        Lepas dudukan mesin kiri.
(1)         Dongkraklah sedikit trans axle dan mesin.
         Catatan : Pasang balok kayu  antara trans axle dongkrak.
(2)         Lepaskan dudukan mesin kiri.
Gambar 3.9 Melepas Dudukan Mesin Kiri
m)    Lepas Trans Axle.
(1)         Lepas baut-baut trans axle.
(2)         Turunkan bagian belakang mesin dan lepaskan trans axle dari mesin.
3.10 Melepas Trans Axle



4.2 PELEPASAN UNIT TRANSMISI







3.11 Gambar Unit Transmisi

1.      Rakitan transmisi
2.      Clip hub bantalan pembebas
3.      Bantalan pembebas & hub
4.      Garpu pembebas
5.      Tutup kopling
6.       Plat kopling








4.3 LANGKAH PEMBONGKARAN KOPLING.
a)        Lepas penutup kopling dan kopling.
(1)  Buatlah tanda pada penutup kopling dan roda penerus   
                       
                      3.12 Membuat Tanda Pada Penutup Kopling
(2)     Kendorkan setiap baut satu putaran pada suatu saat hingga pegas penegang menjadi bebas.
(3)     Lepaskan baut pengikat dan tarik penutup kopling bersama dengan plat kopling.
Petunjuk : Hati-hati, agar plat kopling tidak terjatuh.
b)        Lepas bantalan pembebas bersama hub, garpu dan boot dari transmisi.
(1)     Lepas klip dan lepas bantalan bersama hub.
                                   
             Gambar 3.13 Membuka Release Bearing
(2)     Lepas pegas penegang (tipe kontrol kabel).
(3)     Lepas garpu dan boot
4.4  PEMERIKSAAN DAN PERBAIKAN KOMPONEN KOPLING.
c)        Pemeriksaan plat kopling terhadap keausan atau kerusakan.
Menggunakan vernier caliper (jangka sorong), ukur kedalaman kepala paku keling.
      
   Gambar 3.14 Mengukur Kedalaman Kepala Paku Keling
Kedalaman kepala paku keling minimum : 0,3 mm (0,012 in), bila diketahui ada kelainan, ganti plat kopling.
d)        Periksa Pegas diaphragma terhadap keausan.
Menggunakan Vernier caliper (jangka sorong), ukur kedalaman dan lebar keausan pegas diaphragma.
             
Gambar 3.15 Mengukur Kedalaman dan Lebar Keausan Pegas Diaphragma
Limit kedalaman   : 0,6 mm (0,024 in)
Limit lebar                        : 5,0 mm (0,197 in)
e)        Periksa Bantalan Pembebas (Release bearing).
Putar bantalan dengan tangan, sambil memberikan tekanan pada arah aksial.
Gambar 3.16 Memeriksa Release Bearing
Bila bantalan macet atau terlampau besar tahanannya, gantilah bantalan pilot.
    Petunjuk :  Bantalan telah dilumasi secara permanen dari pabrik, dan tidak memerlukan pembersihan atau pelumasan kembali.

4.5 PEMASANGAN UNIT KOPLING
Perhatian : Pasang semua bagian-bagian menurut kebalikan dari urutan pada waktu melepas.
f)        Bersihkan flywheel dan pressure plate dengan kertas amplas.
                   
                 Gambar 3.17 Membersihkan Flywheel dan Pressure Plate
g)      Pasangkan Piringan kopling (clutch disc) pada flywheel menggunakan center clutch/SST (09301-20020).
3.18 Memasang Kopling
h)      Pasangkan Tutup Kopling (Clutch Cover).
(1)    Tepatkan tanda pada tutup kopling dari roda penerus (fly wheel)
                     
                        3.19 Memasang Clutch Cover
(2)     Kencangkan baut pengikat dengan rata dalam beberapa     tahap, sampai tutup kopling terduduk dengan baik.
Momen Pengencangan : 19 N.m (195 kg.cm, 14 ft-lb)



i)        Periksa/cek ujung-ujung pegas diaphragma mengenai ketepatan pemasangannya dengan menggunakan alat ukur ketebalan (feeler gauge) dan SST (09302-30031).
Limit penyimpangan : 0,5 mm (0,020 in)                       
                                                   
                 3.20 Memeriksa Ujung-ujung Diaphragma
j)        Lumasi dengan gemuk (Gemuk Molybdenum Dislphide Lithium) pada ujung garpu dan permukaan persinggungan hub pembebas.
                    
                  Gambar3.21 Melumasi Release Fork Dengan Gemuk





k)      Lumasi gemuk (Gemuk Molybdenum Dislphide Lithium) pada alur hub pembebas dan gemuk pada permukaan persinggungan pegas diaphragma.
                    
                     Gambar 3.22 Melumasi Gemuk Pada Release Bearing
l)        Lumasi dengan gemuk (Gemuk Molybdenum Dislphide Lithium) pada ulir-ulir piringan dan gemuk pada pegas diaphragma.
                    
                     Gambar 3.23 Melumasi Gemuk Pada Pegas Diaphragma





m)    Pasang boot, garpu dan bantalan pembebas dengan hub pada transmisi.
(1)    Pasang boot dan garpu pembebas.
(2)    Pasang pegas penegang (tipe kontrol kabel).
(3)    Klip, amankan bantalan dan hub terhadap transmisi.
                    
           Gambar 3.24 Memasang Release Fork, Boot, dan Release Bearing
4.6 Pasang Unit Transmisi
Pasang semua bagian-bagian menurut kebalikan dari urutan pada waktu melepas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar